Oknum Pegawai PNM Mekar Cabang Tanjung Bintang Diduga Manipulasi Data BanPres 

MEDIASIBER.CO.ID,- Oknum pegawai  PT Permodalan Nasional Madani (PNM) Mekar, Cabang Tanjung Bintang, Kabupaten Lampung Selatan, diduga manipulasi data penerima BanPres UMKM.
Presiden RI Joko Widodo telah meluncurkan bantuan modal kerja sebesar Rp 2,4 juta bagi para pelaku UMKM, Senin 24 Agustus 2020 lalu.
Bantuan ini diberi nama Bantuan Presiden (BanPres) atau Bantuan Langsung Tunai (BLT).
Tujuan dari bantuan tersebut, adalah untuk membantu pelaku usaha kecil dari dampak negatif pandemi Covid-19/ Virus corona. BanPres diberikan kepada para pelaku UMKM yang terdaftar pada dinas koperasi dan memenuhi sejumlah kriteria.
Hironisnya, BanPres terkesan akal-akalan oknum pegawan PNM Mekar, cabang tanjung bintang, dan bantuan tidak tepat sasaran. Pasalnya penerima BanPres tidak memiliki usaha dan, tidak jelas penerimanya.
Dariati, salah satu penerima Bantuan Presiden (BanPres) usaha mikro kecil dan menegah (UMKM), mengeluhkan bantuan atas nama dirinya “Dariati” ia tidak menerima BanPres, sedangkan ketua kelompok mengatakan nama Dariati, dapat bantuan,”keluh Dariati, senin 05 januari 2021. Melalui via telfon.
“Saya ditelfon sama Muti, ketua kelompok, bahwa saya dapat bantuan, jika mau diambil ATM sama rek nya saya harus pulang hari Senin, setelah saya pulang hari senin 28 Desember 2020 pagi saya temui ketua kelompok, dan saya tanyakan kemudian ketua kelompok nelfon mbak Tata, selaku petugas PNM Mekar yang sudah janjian untuk ketemuan hari Senin, tapi jawaban mbak Tata dia lagi sakit, jika ibu Dariati mau pulang kejakarta silahkan pulang aja, yang penting KK dan KTP nya di tinggal, nanti bisa diwakilkan,” Terang Dariati menirukan Tata.
Hironisnya lagi, Tata terkesan tidak bertanggung jawab dengan perkerjaan nya, sampai saat ini tidak ada kabar sama sekali, Tata beralasan tidak bekerja lagi di PNM Mekar, saya sudah berhenti kerja Bu, dan lebih parah lagi hingga kini nomor telfon Tata tidak bisa di hubungi,” tambahnya.
Dariati, sangat kecewa dengan janji-janji manis Tata, Saya sangat kecewa mas jauh jauh dari Jakarta, ongkos aja utang sama majikan tapi mbak Tata tega bohongin saya,” ungkap Dariati dengan nada sedih.
Ditempat terpisah, Muti, Ketua kelompok Desa Girimulyo menegaskan bahwa ATM dan nomor rekening atasnama Dariati sudah ada, saya audah pernah melihat ATM nya, ” Saya diperintahkan oleh mbak Tata nelfon Dariati yang punya ATM, ” untuk pulang dari merantau kalau mau di ambil ATM dan rek banpres, waktu itu barsamaan ada 9 orang yang mau dibagikan,” tegas Muti.
Menurut Lia, Manajer PNM Mekar saat dikonfirmasi tim media Siber (07/01/2021) Syarat pengajuan tidak memakai surat keterangan usaha (SKU) dari Kelurahan/Desa, karna nasabah mekaar sudah memilki usaha,” terang Lia.
Masih dikatakan Lia, dikantor mekar cabang tanjung bintan terkait adanya nasabah yang mendapat bantuan BanPres UMKM, menurutnya bantuan tersebut belum direalisasikan dari bank BNI. Tidak hanya itu, Lia juga mengatakan ada nasabah bukan wilayah kecamatan tanjung bintang maka data yang menerima bantuan BanPres UMKM kami kembalikan kepihak Bank BNI,” Kilah Lia.
“Ditempat yang sama, Eko penasehat Hukum PNM, jika ada yang melanggar presedur maka kami selaku kuasa Hukum yang akan melakukan tidakan terlebih dahulu, dan jika itu ada kesalahan pak Subardi TNI yang di tugaskan dari mabes TNI yang lebih tau,” Tegas Eko
Julio, anggota lembaga swadaya masyarakat team oprasional pemantau aset negara (LSM TOPAN RI), mengapresiasi langkah-langkah penasehat Hukum dan pak Subardi TNI yang mana telah menjalankan tugas sesuai presedur dan amanah.
Lanjut Julio, sanggat menyayangkan ulah oknum petugas mekar yang terkesan mempermainkan nasabah penerima  Banpres UMKM mekar, hal tersebut pihak PNM harus menelusuri kebenaran yang telah di sampaikan oleh nara sumber pihak media dan LSM, kami akan terus melakukan investigasi kebenaranya apabila ada indikasi penyalahgunaan wewenang atau bukti yang mengarah kepidana maka kami akan mendampingi nasabah untuk melapor ke pihak yang berwenang.”tegas Julio. (Handrianto/Andre)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *