Lampung

Lomba Yel2 K3 Dan Lomba Pemadam Kebakaran Akan Meriahkan Bulan K3 Nasional 2020

Mediasiber.co.id,Sebagai salah satu wujud memasyarakatkan budaya K3 di lingkungan Pelabuhan KSOP Kelas I Panjang beserta seluruh Insan Maritim Provinsi Lampung melaksanakan berbagai kegiatan guna menyongsong bulan K3 Nasinal tahun 2020, salah satunya adalah Lomba Yel-yel K3 sekaligus lomba Pemadaman Kebakaran yang dilaksanakan pada, Senin, (3/2/2020) di halaman kantor KSOP Kelas I Panjang.

Disamping kegiatan ini, berbagai rangkaian kegiatan berupa seminar, loka karya, workshop pameran hingga simulasi K3 akan digelar yang puncaknya akan dideklarasikan bersamaan dengan Upacara Bulan K3 Nasional pada 11 Pebruari mendatang.

Dalam sambutannya Andi Hartono mengatakan, Lahirnya bulan K3 Nasional merupakan bagian dari upaya pemeintah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai pentingnya pelaksanaan aspek keselamatan dan kesehatan di tempat kerja yang Berpedoman pada Undang-undang No. 21 Tahun 1970 tentang Keselamatan Kerja yang telah disahkan pada tanggal 12 Januari 1970 atau 50 tahun yang lalu, sehingga tahun 2020 ini telah memasuki Tahun Emas.

” Tujuan implementasi K3 tidak hanya melindungi pekerja dari kecelakaan dan resiko lain secara preventif, namun juga menjamin sumber dan proses kegiatan dijalankan secara aman dan efisien. Lebih jauh, dalam era Globalisasi saat ini, peningkatan aspek K3 di tempat kerja menjadi salah satu indikator kesiapan sumber daya manusia dalam menghadapi revolusi industri yang kian pesat,” ujar Kepala KSOP Kelas l Panjang Andi Hartono dalam sambutan dia.

” Tingginya tingkat pemahaman dan kesadaran akan K3 menjadi salah satu tolok ukur SDM yang kompeten. Untuk itu, pemerintah telah menetapkan tema peringatan bulan K3 Nasional Tahun 2020 yaitu “OPTIMALISASI KEMANDIRIAN MASYARAKAT BERBUDAYA K3 PADA ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI”.

Bulan K3 Nasional merupakan realisasi harapan pemerintah kepada seluruh lapisan masyarakat, baik masyarakat umum maupun industri, para cendikiawan, organisasi profesi, asosiasi dan lain-lain dapat termotivasi untuk berperan aktif dalam peningkatan pemahaman K3 sehingga tercipta pelaksanaan K3 secara mandiri.” paparnya.

Andi juga menambahkan,
pada kesempatan yang baik ini, saya atas nama pribadi maupun institusi mengucapkan banyak terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang berkontribusi dalam pelaksanaan Bulan K3 Nasional ini, sehingga diharapkan seluruh rangkaian kegiatan dapat berjalan dengan baik,”tandas dia.

Demikian beberapa hal yang dapat saya sampaikan, Akhirnya dengan mengucap Bismilahirohmanirohim rangkaian kegiatan Bulan K3 Nasional Tahun 2020 di Pelabuhan Panjang secara resmi saya nyatakan di buka.
Semoga apa yang akan kita laksanakan mendapatkan ridho dari Allah SWT serta dapat memberikan manfaat bagi masyarakat, bangsa dan Negara, “kata dia.

( Hel/Maulia)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *