Lampung Selatan

Warga RW 02 Batu Payung Tarahan gotong Royong Bersama,Bersih Lingkungan

/Penulis:Merwan/

 

Lampung Selatan,mediasiber.co.id,Kebersihan pangkal kesehatan, demikian pepatah lama yang sangat dikenal masyarakat. Dan kebersihan lingkungan merupakan tanggung jawab bersama. Tidak hanya petugas kebersihan saja namun menjadi kepedulian dan tanggung jawab bersama. Seperti halnya yang dilakukan Warga RW 02 batu payung, Tarahan kecamatan Katibung , mereka secara bersama sama melaksanakan bhakti sosial bersih bersih lingkungan, Minggu (26/7/20).

“Kegiatan bersih bersih lingkungan dilaksanakan pada hari libur minggu, tujuannya agar semuanya bisa ikutan. Dengan demikian ada kebersamaan, ” ujar maryani kepala dusun RW 02 batu payung , Tarahan kecamatan katibung yang juga terjun langsung dalam aksi sosial ini.

“Hari ini difokuskan pembersihan penampungan sampah yang berada di tempat pembuangan sampah (TPS) di RT 02 bumi Jawa . Sampah langsung dimasukan ke mobil dinas kabupaten, dalam kegiatan ini ketua LPM desa Tarahan juga ikut andil, bersama warga lain nya Mereka mengambil plastik dan karung sampah untuk diangkut ke Tempat Penampungan Sampah,” tambahnya.

“Alhamdulillah partisipasi masyarakat sangat baik. Ayo kita jaga kebersihan dan kesehatan lingkungan. Dengan lingkungan yang bersih hidup jadi sehat,” ajak kepala dusun RW 02 batu payung, Tarahan ini.

Ketua LPM desa Tarahan Suseno menghimbau ” supaya dengan ada nya kegiatan ini masyarakat bisa sadar bahwa penting nya lingkungan yang bersih menciptakan hidup yang sehat , saya berharap kepada warga tidak lagi membuang sampah sembarangan ” kata dia di sela kegiatan bersih-bersih bersama warga.

ketua rt m.lutfi menuturkan , gotong royong membersihkan sampah sudah menjadi kewajiban kita bersama.

” Kita harus membersihkan sampah yang berada di sekitaran kita karena bila sampah berserakan saat hujan bisa menyebabkan banjir ” ujar nya

Begitu juga salah satu warga yang ikut ambil bagian dalam kegiatan bersih-bersih.

Arifin rd mengaku , sampah yang berada di penampungan sudah terlalu banyak dan sudah tidak tertampung lagi bila tidak segera di angkut akan berserakan dan menyebabkan bau yang tidak sedap dan mudah mendatangkan penyakit .

” Sementara ini tempat pembuangan sampah (TPS) di dusun batu payung desa Tarahan hanya ada satu tempat berada di RT 02 bumi jawa yang gunakan oleh 1 dusun 4 RT bila warga sebanyak itu membuang di satu tempat menyebabkan sampah di penampungan cepat penuh,”Kata dia

Diharapkan kepada masyarakat dan pihak terkait agar bisa ikut serta berpartisipasi mengenai penanganan sampah ini demi kebaikan bersama,”Pungkas Ripin.(#)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *