Pesawat Boeing 707 PAN AM Jatuh di Bali,107 Penumpang Tewas

Bali,Mediasiber.co.id,– Pesawat Pan Am Penerbangan 812, dioperasikan Pan American World Airways Boeing 707-321B N446PA (Clipper Climax), pada 22 April 1974, jatuh di dataran berbukit saat bersiap mendekati landasan 09 di Denpasar, Bali, setelah terbang selama 4 jam 20 menit dari Hong Kong.

Penerbangan pesawat ini adalah sebuah penerbangan internasional terjadwal dari Hong Kong ke Sydney, Australia, dengan perhentian sementara di Denpasar, Bali, Indonesia.

Mengutip Wikipedia, lokasi kecelakaan sekira 42,5 mil laut (78,7 kilometer) barat laut Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai. Sebanyak 107 orang dilaporkan tewas dalam insiden ini.

Awak kokpitnya terdiri dari Kapten Donald Zinke, First Officer John Schroeder, Third Officer Melvin Pratt, dan Teknisi Penerbangan Timothy Crowley & Edward Keating. Ke-96 penumpang ditangani oleh Purser Mary Butterworth & Beverly Schmitt dan Pramugari Ann Beran, Janice Fanning, Ingrid Johansson, & Donna Kent.

Penelitian terhadap letak bangkai pesawat dan pemeriksaan tempat kejadian menunjukkan bahwa pesawat tidak mengalami kegagalan struktur sebelum jatuh. Ditetapkan bahwa keputusan belok kanan ke 263 derajat lebih cepat, yang didasarkan pada sinyal yang diberikan oleh salah satu Radio Direction Finder sementara yang lainnya masih berjaga, adalah penyebab kecelakaan yang paling besar kemungkinannya. (Lia/sumber:elshinta)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *