Lampung Selatan

Camat Berkelit,Supplier Sama,Keluhan Bantuan Ayam BPNT Desa Karang Raja Tak Layak di Konsumsi

Lampung Selatan,_Keluarga Penerima Manfaat Bantuan Pangan Non Tunai(BPNT),di Desa  Karang Raja, Kecamatan Merbau Mataram, Lampung Selatan,Mengeluhkan Kwalitas Ayam  Tak Layak Konsumsi.
Pasalnya,Diduga Bantuan komoditi sembako jenis ayam kwalitas dan bobot timbangannya sekira 4/5 sampai  dengan 6 0ns,Ayam banyak yang mati.
Hal Itu di duga Penyaluran BPNT melalui Supplier CV DWI KARYA terkesan buruk Dan tidak sesuai dengan apa yang ditetapkan pemerintah kabupaten lampung selatan.”Ungkap Seorang Aparatur desa karang raja yang namannya Enggan dipublikasikan,Minggu (19/04).
“Iya,Penyalurannya 13 April 2020 Kemarin,buruknya kwalitas bantuan,itu jadi keluhan masyarakat,”Terangnya.
Hal itu dibenarkan oleh beberapa Kepala dusun (Kadus) Desa Karang  Raja,sembako jenis ayam yang disalurkan oleh Supplier Cv Dwi karya mengurangi timbangan Alias main curang  ada yang 4/5 hingga 6 Ons dan tidak mencapai 1 kg,Kwalitas ayam pun belum layak untuk dikonsumsi, dikarenakan usia ayam Boiler baru sekitar 15 hari,itu yang disalurkan”Terang Sejumlah Kepala dusun karang raja yang namanya enggan disebutkan satu  persatu.
Iya,para kadus dan aparatur desa yang Kena imbasnya karena hampir semua masyarakat mengeluh kepada Kadus   mengenai Bantuan yang turun di desa karang raja tidak sesuai dengan keinginan masyarakat.”Ucapnya  seraya bantuan ayam yang belum layak potong.
“Untuk diketahui,Lanjut Kadus,Pada Sabtu kemarin KPM BPNT didesa karang raja per KPM Mendapat Buah-buahan kacang hijau ¼kg, sayuran busuk, dan beras 10 kg.”Ungkapnya Kadus Karang raja.
Dihubungi Terpisah,Terkait hal itu Jarni pengurus e-warung desa karang raja,saat ditemui dikediamanya, Senin (13/4) mengatakan, distribusi bahan sembako BPNT dikirim ke rumahnya pada malam hari, saat itu juga sembako BPNT di bagikan kepada KPM karna sembako jenis ayam yang usianya baru sekitar 15 hari rawan kematian.
“Ayamnya masih sangat kecil, bulunyanya belum tumbuh semua,itu juga ada beberapa ekor yang mati.
“Jarni menambahkan, semua pengurus e-warung di Kecamatan merbau Mataram,Terkait hal itu pada hari Minggu (12/4) dikumpulkan di kediaman pengurus e-warung di desa tanjung baru yang juga dihadiri korcam PKH Maya dan Pihak Suplier.
“Yang intinya dikumpulkannya (pengurus e warung_red)membahas terkait kasus berat bobot ayam Dan sayur mayur busuk.yang menurutnya  Suplier siap menganti dengan  4 butir telur.
Kata jarni, pun suplier sudah membuat perjanjian dengan e-warung yang diwakili oleh pengurus e-warung desa tanjung Baru
“Tapi penggantian 4 butir telur yg dijanjikan itu hingga hari ini belum direalisasikan ke desa,”Ungkapnya.
Sementara itu, Korcam PKH Kecamatan Merbau Mataram terkait hal itu,Maya saat dihubungi melalui pesan WhatsApp nya,saat diminta bertemu untuk diwawancara.dirinya menolak dengan alasan Lockdwon. padahal berdasarkan info pada hari Minggu kemeren (Maya_Red) terlihat kumpul di kediaman pengurus e-warung Tanjung Baru.
Menurut pengakuan Maya,kapasitas dirinya di BPNT hanya sebatas membantu dan memastikan KPM mendapat bantuan.
“Sudah ada Tikor Kecamatan yang menangani BPNT, pak Camat langsung yang menanganinya,”Sebutnya.
Kepada Awak media,Camat Merbau Mataram Lampung Selatan, Heri Purnomo Terkait hal itu dirinya menjelaskan, masalah komoditi sembako ayam itu sudah ditangani oleh Manager Suplier CV. Dwi Karya.”Ucap Camat Merbau mataram Kepada Awak Media,Minggu (12/04) Baru baru ini.
“Semua sudah diselesaikan kemarin Minggu (12/4) Suplier sudah buat perjanjian hitam di atas putih dengan pengurus e-warung  apa bila ada sembako,beras,ayam, sayuran, buah-buahan , dan kacang hijau ada yang tidak layak konsumsi pihaknya CV Dwi Karya siap mengganti.
“Terkait kasus bobot timbangan ayam,itu sudah diganti dengan telur,kata dia,dan yang menangani masalah BPNT itu bukan tikor kecamatan tapi langsung ditangani oleh Manager Suplier CV. Dwi Karya,”Pungkas Heri berkelit tidak Ada hubungannya dengan dirinya.
Reporter:Lilis Yusnayni

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *