Lampung Selatan

Dugaan Ijin Lingkungan Minta Diubah,Warga Demo PT.Domus Jaya

Mediasiber.co.id,Terkait Dugaan Permintaan Coorforative Social Responsibility (CSR) Dan Perubahan ijin lingkungan,Ratusan Warga Desa Wonodadi Berunjuk rasa didepan Perusahaan PT.Domus Jaya diwilayah Kecamatan Katibung,Desa Pardasuka Lampung Selatan,Pada Senin (2/3/2020).

Sejumlah Permintaan “Warga Wonodadi” yang diduga tidak diakomodir oleh perusahaan PT.Domus jaya,Sebelum mereka menggelar aksi, persoalan itu pernah dimediasi pihak desa pardasuka namun DeadLock.
Kepada Wartawan,Koordinator Lapangan,Ari Saputra Mengatakan,Para pengunjuk rasa meminta perubahaan ijin lingkungan.Selama ini,perusahaan PT.Domus Jaya tidak ada imbangnya(Terkait Kontribusi) Untuk warga seputar perusahaan,makanya warga minta perubahan (Dasar Dasar)Ijin.
“Ada beberapa poin,kata dia,tuntutan warga kepada PT.Domus jaya,namun yang diberikan perusahaan itu tidak ada imbangnya,tak setimpal,”Ucap Ari ,Senin.
Sementara Berdasarkan isi surat  Warga Wonodadi desa Pardasuka berbunyi mengajukan kerja sama kepada PT.Domus Jaya yang terletak dilingkungan Dusun Wonodadi untuk memperbaharui ijin lingkungan PT.Domus Jaya terhadap warga.
“Adapun syarat2 yg kami minta didalam ijin lingkungan terbaru adalah:
1.PT.Domus Jaya Bersedia menyediakan Air Bersih Untuk Warga Dusun wonodadi selama 24 Jam dan mengurangi masalah kebisingan mesin pabrik yang mengganggu kenyamanan warga.
2.PT.Domus Jaya Bersedia Memberikan Kas Dusun Dan Kas kepemudaan Pertiap bulan sebesar:Kas dusun Rp 6 jt kas pemuda Rp.4 jt
3.PT.Domus jaya bersedia memperkerjakan warga sebanyak 75 % warga desa pardasuka dari 100 % Karyawan
4.Disetiap penerimaan pengeluaran karyawan harus mengetahui kadus Rt dan warga sekitar dengan tujuan agar pihak perusahaan tidak semena mena dengan warga setempat
5.Santunan terhadap warga dusun wonodadi yang meninggal dunia sakit atau terkena musibah berdasarkan rekomendasi kadus/RT
6.Konpensasi THR untuk warga dusun wonodadi
7.Memberikan Kelonggaran waktu untuk karyawan yang bekerja di PT.Domus Jaya untuk berbela sungkawa kelokasi musibah.
8.Setiap ada tamu perusahaan kebih dari 1×24 jam menginap di pt.domus jaya wajib lapor kadus atau RT wonodadi
9.pengelolaan limbah yg masih berpungsi dan tidak terpakai oleh pt domus jaya agar bisa dimanfaankan oleh warga dusun.
10.penyuluhan serta jaminan kesehatan oleh pihak pt.domus jaya kepada warga dusun wonodasi(pertiga bulan).
11.kontribusi pt.domus jaya terhadap kegiatan pendidikan di dusun wonodadi(beasiswa perlengkapan sekolah dll).
12.menyediakan pasilitas olah raga masyarakat dusun wonodadi(lapangan olah raga dan lainnya).
13.Ijin lingkungan ini berlaku hingga lima tahun dan apabila sudah melewati batas maka harus memperbaharui ijin lingkungan.
14.kami warga dusun wonodadi desa pardasuka akan ikut menjaga ketertiban PT.Domus jaya dan apabila domus jaya melanggar isi perjanjian tersebut maka kami warga dusun wonodadi desa pardasuka berhak menutup PT.Domus Jaya.
Sementara beberapa warga lainnya,meminta kepada pihak perusahaan untuk bisa bekerja sama Dengan warga wonodadi terkait CSR Dan permintaan pembaruan ijin lingkungan,”Desak salah Satu Warga yang Minta namanya,tidak dipublikasikan.
“Kita kan minta perusahaan bisa bekerja sama dengan warga,namun alasan perusahaan selalu mengacu pada undang undang.itu itu terus,Alasannya.”kata dia.
Sampai berita ini diturunkan,Pihaknya Perusahaan PT.Domus Jaya belum  mengakomodir permintaan warga wonodadi Terkait Pengajuan CSR Dan Perubahan Ijin Lingkungan yang diajukan oleh (Pengunjuk rasa).
(Kjk/Tim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *